RENCANA PENGAWASAN AKADEMIK (RPA)
PENILAIAN KINERJA GURU
BERDASARKAN TUGAS POKOK
A. FOKUS MASALAH
Lembaga pendidikan belum memiliki data data kinerja pendidik dalam memenuhi tugas pokoknya.
B. TUJUAN
Terhimpnnya informasi tentang kinerja pendidik dalam memenuhi tugas pokoknya .
Tujuan khusus:
1. Terhimpun data atau informasi kinerja guru dalam pelaksanaan tugas perencanaan pembelajaran.
2. Terhimpun data atau informasi kinerja guru dalam pelaksanaan tugas pelaksanaan pembelajaran.
3. Terhimpun data atau informasi kinerja guru dalam pelaksanaan tugas penilaian pembelajaran.
4. Terhimpun data atau informasi kinerja guru dalam pelaksanaan tugas melatih dan membimbing siswa.
5. Terhimpun data atau informasi kinerja guru dalam pelaksanaan tugas melaksanakan tugas tambahan.
6. Terhimpun data atau informasi kinerja guru dalam pelaksanaan tugas mengembangkan kegiatan profesi.
C. INDIKATOR KEBERHASILAN
Efektifnya kegiatan penilaian kinerja guru ini menggunakan indikator terhimpunnya informasi mengenai kinerja seluruh pendidikn pada sekolah binaan yang terolah dan ditarfsirkan sehingga hasil penilaian kinerja dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan pelaksanaan pembimbingan dan perbaikan mutu berkelanjutan pada komponen:
1. pelaksanaan tugas perencanaan pembelajaran.
2. pelaksanaan tugas pelaksanaan pembelajaran.
3. pelaksanaan tugas penilaian pembelajaran.
4. pelaksanaan tugas melatih dan membimbing siswa.
5. pelaksanaan tugas melaksanakan tugas tambahan.
6. pelaksanaan tugas mengembangkan kegiatan profesi.
7. pengalokasian waktu dalam Silabus dan RPP.
D. STRATEGI DAN TEKNIK SUPERVISI
Pelaksanaan Supervisi menggunakan Strategi Monitoring dan Evaluasi, serta studi dokumen dengan melakukan serangkaian pengecekan atau perunutan jejak program atau kegiatan guna memastikan bahwa data yang akurat dalam kegiatan perencanaan pembelajaran dapat dihimpun.
• input diberikan sesuai dengan perencanaan – tepat waktu, dengan kuantitas yang memadai,
• proses diimplementasikan sesuai dengan rencana, dan
• output yang disesuaikan dengan tujuan dalam perencanaan.
Pelaksanaan supervisi ini dilanjutkan dengan teknik wawancara dan diskusi sehingga diharapkan dapat menghimpun data kinerja pendidik dalam memenuhi stnandar perencanaan pembelajaran sehingga dapat dijadikan dasar peningkatan kompetensi pendidik selanjutnya.
E. SKENARIO KEGIATAN
Pelaksanaan kegiatan akan ditujukan khusus kepada seluruh guru binaan sebagai bagian sistem penjaminan mutu melalui langkah berikut:
1. Melakukan pertemuan awal.
2. Guru melakukan kegiatan evaluasi diri.
3. Pengawas bersama dengan tim evaluasi kinerja sekolah memvalidasi hasil evaluasi diri.
4. Melaksanakan diskusi dan dan menyepakati hasil penilaian
5. Memberikan pembimbingan untuk memecahkan masalah dalam rangka perbaikan berkelanjutan.
6. Menutup siklus kegiatan.
F. SUMBER DAYA YANG DIPERLUKAN
Informasi yang akurat tentang kondisi nyata dan dokumen yang menunjang yang dapat menggambarkan kondisi nyata kinerja pendidik di sekolah binaan.
G. PENILAIAN DAN INSTRUMEN
Pelaksanaan kegiatan penilaian menggunakan instrumen yang telah sebagimana terlampir.
H. WAKTU PELAKSANAAN.
Pelaksanaan kegiatan pada minggu kedua bulan..................tahun 20…..
…………… , ……………… 20……
Pengawas………………………..
……………………………….
NIP………………………….
Silahkan Download
PENILAIAN KINERJA GURU
BERDASARKAN TUGAS POKOK
A. FOKUS MASALAH
Lembaga pendidikan belum memiliki data data kinerja pendidik dalam memenuhi tugas pokoknya.
B. TUJUAN
Terhimpnnya informasi tentang kinerja pendidik dalam memenuhi tugas pokoknya .
Tujuan khusus:
1. Terhimpun data atau informasi kinerja guru dalam pelaksanaan tugas perencanaan pembelajaran.
2. Terhimpun data atau informasi kinerja guru dalam pelaksanaan tugas pelaksanaan pembelajaran.
3. Terhimpun data atau informasi kinerja guru dalam pelaksanaan tugas penilaian pembelajaran.
4. Terhimpun data atau informasi kinerja guru dalam pelaksanaan tugas melatih dan membimbing siswa.
5. Terhimpun data atau informasi kinerja guru dalam pelaksanaan tugas melaksanakan tugas tambahan.
6. Terhimpun data atau informasi kinerja guru dalam pelaksanaan tugas mengembangkan kegiatan profesi.
C. INDIKATOR KEBERHASILAN
Efektifnya kegiatan penilaian kinerja guru ini menggunakan indikator terhimpunnya informasi mengenai kinerja seluruh pendidikn pada sekolah binaan yang terolah dan ditarfsirkan sehingga hasil penilaian kinerja dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan pelaksanaan pembimbingan dan perbaikan mutu berkelanjutan pada komponen:
1. pelaksanaan tugas perencanaan pembelajaran.
2. pelaksanaan tugas pelaksanaan pembelajaran.
3. pelaksanaan tugas penilaian pembelajaran.
4. pelaksanaan tugas melatih dan membimbing siswa.
5. pelaksanaan tugas melaksanakan tugas tambahan.
6. pelaksanaan tugas mengembangkan kegiatan profesi.
7. pengalokasian waktu dalam Silabus dan RPP.
D. STRATEGI DAN TEKNIK SUPERVISI
Pelaksanaan Supervisi menggunakan Strategi Monitoring dan Evaluasi, serta studi dokumen dengan melakukan serangkaian pengecekan atau perunutan jejak program atau kegiatan guna memastikan bahwa data yang akurat dalam kegiatan perencanaan pembelajaran dapat dihimpun.
• input diberikan sesuai dengan perencanaan – tepat waktu, dengan kuantitas yang memadai,
• proses diimplementasikan sesuai dengan rencana, dan
• output yang disesuaikan dengan tujuan dalam perencanaan.
Pelaksanaan supervisi ini dilanjutkan dengan teknik wawancara dan diskusi sehingga diharapkan dapat menghimpun data kinerja pendidik dalam memenuhi stnandar perencanaan pembelajaran sehingga dapat dijadikan dasar peningkatan kompetensi pendidik selanjutnya.
E. SKENARIO KEGIATAN
Pelaksanaan kegiatan akan ditujukan khusus kepada seluruh guru binaan sebagai bagian sistem penjaminan mutu melalui langkah berikut:
1. Melakukan pertemuan awal.
2. Guru melakukan kegiatan evaluasi diri.
3. Pengawas bersama dengan tim evaluasi kinerja sekolah memvalidasi hasil evaluasi diri.
4. Melaksanakan diskusi dan dan menyepakati hasil penilaian
5. Memberikan pembimbingan untuk memecahkan masalah dalam rangka perbaikan berkelanjutan.
6. Menutup siklus kegiatan.
F. SUMBER DAYA YANG DIPERLUKAN
Informasi yang akurat tentang kondisi nyata dan dokumen yang menunjang yang dapat menggambarkan kondisi nyata kinerja pendidik di sekolah binaan.
G. PENILAIAN DAN INSTRUMEN
Pelaksanaan kegiatan penilaian menggunakan instrumen yang telah sebagimana terlampir.
H. WAKTU PELAKSANAAN.
Pelaksanaan kegiatan pada minggu kedua bulan..................tahun 20…..
…………… , ……………… 20……
Pengawas………………………..
……………………………….
NIP………………………….
Silahkan Download
EmoticonEmoticon